Analisis Riak (ripple) Pada Konverter DC-DC Rasio Tinggi

Saya pingin crita tentang tugas akhir saya ketika kuliah di ITB….

Sebelumnya ijinkan saya perkenalkan diri dulu nama saya Kadek fendy Sutrisna (PADRG 2004),,

Latar belakang dari tugas akhir  ini adalah meningkatnya kebutuhan akan konverter dc-dc yang mampu menkonversikan rasio tegangan yang tinggi antara tegangan sisi masukan dan tegangan sisi keluaran. Rasio tegangan  tinggi yang dimaksud disini adalah perbandingan antara tegangan masukan dan keluaran yang terlalu besar ataupun yang terlalu kecil (ekstrim).

Sebagai contoh pada banyak aplikasi di industri, aplikasis konverter dc-dc dengan rasio tegangan tinggi dapat dilihat pada aplikasi power supply untuk mikroprosesor, proses elektrokimia, dan aplikasi pada arc furnace. Sedangkan pada sistem pembangkit listrik energi terbarukan, kebutuhan akan konverter dc-dc rasio tegangan tinggi ini dipakai untuk menaikan tegangan sel surya atau bahan bakar ke tegangan yang sesuai dengan jala-jala.

Secara umum untuk membuat konverter dc-dc agar beroperasi pada rasio yang tinggi, bisa didapat dengan dua cara :  yaitu dengan menggunakan trafo (berisolasi) atau dengan men-cascade topologi konverter dc-dc (tak berisolasi). Untuk yang berisolasi biasanya menggunakan trafo, ratio tegangan yang tinggi bisa dicapai dengan mudah dengan mengatur ratio jumlah lilitan trafonya…
Sayangnya cara seperti ini membuat sistem menjadi lebih besar dan mahal…..

Namun pada jenis tak berisolasi, rasio-tegangan ekstra tinggi juga menyebabkan masalah pada saklar-saklar daya pada konverter karena saklar daya harus bekerja dengan faktor-kerja yang sangat ekstrim, sedangkan faktor kerja saklar daya adalah terbatas. Faktor-kerja yang ektrim juga membuat penggunaan saklarnya menjadi tidak optimum…….

Pada sistem cascade rasio tegangan yang tinggi bisa dengan mudah dicapai, namun sistem ini memerlukan pengendalian yang kompleks..

nahH….. berawal dari permasalahan di atas, maka muncul ide pembuatan topologi baru tak-berisolasi yang mampu mengatasi semua masalah….. Konverter dc-dc yang diusulkan adalah topologi konverter dc-dc tak ber-isolasi yang bisa mengahasilkan rasio tegangan yang tinggi dan mengatasi permasalahan penyaklaran. Karena tegangan keluaran yang dihasilkan merupakan selisih antara dua buah sumber tegangan..

Pada tugas akhir lengkap saya, dijelaskan detail penurunan persamaan riak dari konverter dc-dc yang diajukan, konverter dc-dc dua fasa dan tiga level. Hasil eksperimen dan simulasi disertakan untuk membuktikan kevalidan konsep penurunan riak yang digunakan.

Buat yang tertarik untuk membahas harmonisa pada beban non-linier bisa menggunakan skripsi saya ini sebagai referensi.

‘….Let’s go from now… we must saVe energy by using electricy….”

saLam riang,

Kadek Fendy Sutrisna

nb : ringkasan-analisis-riak-konverter-dc-dc-rasio-tinggi

About konversi

This blog is a blog made by the students of the Laboratory Of Electric Energy Conversion, ITB. This blog shall be the place for us to write our researches and projects. Feel free to read any of the contents of this.
This entry was posted in Power Electronics. Bookmark the permalink.

One Response to Analisis Riak (ripple) Pada Konverter DC-DC Rasio Tinggi

  1. iruwain says:

    wah….
    boleh tuh dijadikan bahan proyrk akhir….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s