Sekilas Photovoltaic Cell..


Matahari merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berlimpah di Indonesia. Dengan penyinaran matahari konstan sepanjang tahun selama 12 jam per hari, tentu ini merupakan salah satu sumber energi yang sangat potensial dikembangkan di negara kita. Disamping adanya ‘bahan bakar’ yang berlimpah ruah, tentu saja sumber energi ini sangat ramah lingkungan. Listrik dari sumber energi surya ini tentu saja akan sangat berguna untuk pemerataan listrik ke daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau saluran transmisi PLN.

Sekarang bagaimana kita bisa mengkonversi energi surya menjadi energi listrik..?? Yup, jawabannya adalah menggunakan photovoltaic cell.. kalau dilihat dari asal katanya photo : “cahaya” sedangkan voltaic: “menghasilkan tegangan”. Jadi kalau dari arti katanya “photovoltaic cell” berarti ‘sel yang menghasilkan tegangan listrik dari cahaya”, walaupun sebenarnya yang dihasilkan langsung bukanlah tegangan tetapi arus. Mengapa bisa arus yang dihasilkan?? Mari kita lihat..

Satu buah photovoltaic cell terbuat dari bahan dasar silicon yang dilapis kaca. -Silicon mudah sekali didapat di bumi ini dalam bentuk pasir silika- sehingga cahaya bisa menembus masuk. Ketika cahaya matahari menembus masuk ke dalam sel, partikel cahaya matahari yang disebut ‘photon’ juga ikut masuk. Partikel photon ini kemudian menumbuk elektron bermuatan negative di atom silikon penyusun photovoltaic cell. Pada saat tumbukan, energinya photon ditransfer ke elektron sehingga elektron terlepas dari atom silikonnya. Karena setiap detiknya ada tak terhingga photon yang menumbuk, maka akan dihasilkan banyak sekali elektron-elektron bebas. Elektron bebas ini akan didorong keluar photovoltaic cell karena adanya medan listrik di dalam cell. Apabila photovoltaic cell ini kita hubungkan ke beban listrik, maka arus akan dapat mengalir ke beban. ..Energi matahari telah diubah secara langsung menjadi energi listrik..!!! Selama masih ada cahaya matahari yang masuk maka akan terus ada electron bebas yang mengalir ke beban.

Satu buah photovoltaic cell sebenarnya terlalu kecil untuk menghasilkan energi listrik. Satu buah photovoltaic cell hanya menghasilkan sekitar 0.5V, jadi untuk menghasilkan tegangan 18V biasanya panel photovoltaic tersusun dari 36 buah photovoltaic cell yang disusun seri. Selain itu biasanya juga 36 buah cell tersebut juga disusun parallel dengan 36 buah cell yang lain supaya arus total yang dikeluarkan oleh satu buah panel photovoltaic cukup besar. Untuk menghasilkan daya yang lebih besar lagi, sejumlah banyak panel photovoltaic disusun menjadi array sehingga bisa melayani keperluan listrik yang cukup besar.

demi lingkungan yang hijau.. –arwindra-

Ref.
Anonimous, Photovoltaic (PV) Tutorial.pdf

Image Courtesy of
1. http://www.clean-energy-ideas.com
2. http://www.reihk.com
3. http://www.solarnavigator.net

About angin165

Pria, Indonesia, muda, lajang, belum mapan.
This entry was posted in PV. Bookmark the permalink.

15 Responses to Sekilas Photovoltaic Cell..

  1. Rizli says:

    Gw pernah ngambil mata kuliah Solar Cell waktu di TU Delft. Sayangnya adalah efisiensinya rendah sekali

  2. gambar itu rumah tempat tinggal ya?
    klw ya berarti kita bisa bikin rumah kaya itu di t4 yg gk ada sumber listrik..
    kira2 berapa watt dia bisa ngasilkan listrik?

  3. angin165 says:

    betul sekali,
    memang sangat memungkinkan untuk membuat rumah yang mandiri listrik dengan menggunakan pv panel. cuma yang jadi masalah adalah harga pv panel masih terhitung sangat mahal karena penggunaannya belum meluas. sekitar 4 atau 5 kali harga energi listrik yang dibangkitkan dari sumber fosil.
    seberapa besar watt yang diperoleh tergantung dari seberapa luas panel pv yang kita pasang.

  4. joao boavida says:

    saya seorang tecnichi kerja di timor-leste bagian instalasi di seluruh kapubaten dan pelosok -pelosok apa kerugian dan kelebihan tenaga surya di bandingkan listrik AC
    tolong pengertian

  5. P. A. Dahono says:

    Sel surya hanya menghasilkan energi listrik di siang hari. Sel surya menghasilkan energi listrik dalam bentuk tegangan dc.
    Kebutuhan sumber energi listrik biasanya dalam bentuk AC. Di daerah, kebutuhan energi listrik umumnya malam hari (untuk penerangan).
    Akibatnya, kita butuh batere untuk menyimpan energi dan butuh inverter untuk merubah tegangan dc menjadi ac.
    Akan tetapi perlu diingat bahwa sel surya tidak memerlukan BBM sehingga lebih ramah lingkungan dan meningkatkan kemandirian energi.

  6. hadiwijaya says:

    solarcell di bandung dapat dibeli dimana? berapa harga per watt nya?

  7. P. A. Dahono says:

    Kalau belinya sedikit bisa dibeli atau dipesan di jaya plaza. Kalau banyak bisa beli di PT. LEN.
    Harga sangat ditentukan oleh seberapa banyak belinya. Untuk perkiraan kasar harganya sekitar US$ 5-7/watt-peak.

  8. sutrisno.sarudji says:

    Solarcell dapat di beli di Pertokoan Komputer di Kosambi ( lantai bawah )untuk 40 Wp harga Rp 2.150.000,- untuk Listrik AC, sangat tergantung dari Cutoff Inverternya, rata-rata inverter memp Cutoff 11,5 Vdc. sehingga untuk 40Wp hanya dapat dipakai untuk 20watts selama 10 Jam untuk Accu 100 Amp.

  9. jacko says:

    kalo di jogja dapat di pesen di mana harganya brapa y?

    trims

  10. leo says:

    Thanks infonya

  11. Feber Sormin says:

    Jika saya hendak membuat PLT Matahari ini di tempat saya dengan kondisi sbb:
    1. Kebutuhan Listrik 1.500 watt hingga 2.500 watt.
    2. Kondisi letak tempat tinggal adalah Pegunungan, hawa dingin dan curah hujan rata-rata kalau musim hujan bisa dalam seminggu hampir ada tiap hari ada hujan.
    3. Kondisi malam hari saat musim hujan sangat dingin sekali, melebihi dinginnya daerah Bogor dan Pucak, dan musim kemarau juga tetap dingin, tetapi tidak seperti kondisi musim hujan.

    Pertanyannya:
    Dengan kondisi tersebut, kira-kira memungkinkan tidak PLT Matahari dipasang dirumah???
    Jika Ya:
    Berapa Biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan PTL Matahari tersebut (biaya Pengadaan barang, atau biaya diluar biaya pemasangan).

    Jika tidak:
    Kondisi yang bagaimana, agar PLT Matahari ini bisa dipasang?

    Berangkali ada yang bisa membantu atau member jawaban dari ingin tahuan saya itu, bisa mengemail ke minsor2002@yahoo.com

    Thanks
    Fsormin

  12. aji eko says:

    kalo kbutuhannya 1200 wat kiirra kira brapa harganya,,trus komponen yg harus di beli ap ajah ?

  13. dahono says:

    Kalau kebutuhannya tetap 1200 watt selama 24 jam berarti kebutuhan energinya 29 kWh. Sel surya menghasilkan listrik rata2 sehari maksimum 4 jam. Jadi kebutuhan sel suryanya minimum (24/4)x1200= 7200 watt. Perlu batere yang minimum mampu menyimpan energi sebesar 20×1200=24000 Wh. Kalau tegangan baterenya 48 Volt maka perlu batere dengan kapasitas 500 Ah.

  14. Pingback: Articles | nang windar and the angin165

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s