Permasalahan yang Dihadapi Green Energy di Indonesia (Publik Harus Beri Perhatian Terhadap Green Energy)

(Kadek Fendy Sutrisna, 6 Juli 2008)

Kemajuan pembangunan suatu negara saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan kelistrikannya. Dengan adanya listrik maka perkembangan berbagai aspek kehidupan masyarakat akan relatif jauh lebih cepat. Namun sayangnya kenyataan yang sungguh miris  terjadi pada negara kita, rasio elektrifikasinya hanya 54% dari kebutuhan yang diperlukan dan parahnya lagi infrastruktur kelistrikan lebih terpusat di Pulau Jawa. Sebagai contoh, sampai saat ini Bali masih tergantung dengan jaringan listrik Jawa-Bali untuk pasokan energi listrik. Karenanya, ketika terjadi gangguan koneksi Jawa-Bali, dampaknya sangat besar bagi Bali yang notabene berkembang dalam industri kepariwisataannya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, diantaranya adalah membangun pembangkit listrik berbasis bahan bakar fosil pada lokasi-lokasi domestik diluar pulau Jawa. Akan tetapi hal ini kurang tepat untuk dilakukan mengingat harga minyak dunia yang semakin melonjak dan disamping itu apabila ditinjau dari aspek lingkungan, pembangkit listrik dengan bahan bakar fosil menimbukan polusi karbon yang cukup signifikan.

Beberapa solusi untuk mengurangi dampak tersebut telah diusulkan oleh banyak peneliti dan pengamat energi, diantaranya adalah dengan pemanfaatan potensi energi terbarukan domestik yang dimiliki tiap-tiap daerah, seperti pembangkit listrik tenaga bayu/angin, surya, mikrohidro, geotermal dan lainnya. Sayangnya, banyak permasalahan yang dihadapi untuk mengimplementasikan pembangunan pembangkit listrik ini di Indonesia, antara lain masalah biaya, perawatan, ketersediaandan teknologi.

Pada tulisan ini saya mengajak rekan-rekan untuk berdiskusi tentang segala hal permasalahan yang dihadapi pada perkembangan renewable energi di negara kita. Ajakan diskusi disini bertujuan untuk merangkum segala permasalahan yang dihadapi secara detail dan mendalam untuk kita cari solusinya secara bersama-sama. Sangat sedikit masyarakat Indonesia yang peduli akan perkembangan teknologi renewable energi Indonesia.

Mari kita dukung program pemerintah dalam membangun desa mandiri energi elektrik dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan domestik yang dimiliki tiap daerah secara maksimal.

Semakin luas dan mendalam perhatian publik, semakin cepat proses aplikasi  teknologi renewable energy bisa memberikan dampak berarti bagi peri kehidupan masyarakat. -Kusmayanto Kadiman-

About konversi

This blog is a blog made by the students of the Laboratory Of Electric Energy Conversion, ITB. This blog shall be the place for us to write our researches and projects. Feel free to read any of the contents of this.
This entry was posted in Green Energy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s