Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM

(Kadek Fendy Sutrisna, 7 Juli 2008)

Demo tentang kenaikan harga BBM semakin marak akhir-akhir ini. Andai saja bahan bakar yang digunakan pada kendaraan bukan saja bensin dan solar kira-kira pengaruh kenaikan harga minyak dunia berpengaruh gk yaa di Indonesia?? hwahhh… kita gk akan perlu pusing2 lagi memikirkan harga bensin.

Pertanyaannya sederhana tapi berat euy untuk dijawab, fenomena melentingnya harga minyak bumi di pasar dunia yang diikuti dengan melambungnya harga batubara dan gas membuat banyak orang mencoba berpaling ke sumber energi lain.

disini saya coba untuk memaparkan beberapa bahan bakar yang sedang dikembangkan di negara ini :

1. Bahan bakar batubara cair/gas

Pemerintah sekarang ini lagi gencar2nya memberitakan penemuan bahan bakar batu bara cair/gas. Selama ini pemakaian batubara biasanya digunakan sebagai bahan bakar masih dalam bentuk padat yang kemudian di gerus dan di bakar. Teknologi baru yang sedang dikembangkan adalah mengolah batubara menjadi sumber bahan bakar baru yang berbeda. Batubara bisa di cairkan menjadi gas sintesis. Dengan mengolah batubara menjadi gas sintesis atau minyak sintesis maka transportasi batubara ini bisa diterapkan.

Rasanya keinginan ini tidak berlebihan, sebab di banyak negara maju seperti di Amerika dan Eropa, batubara sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai pembangkit tenaga listrik serta bahan bakar gas dan minyak. Proyek ini memang bukan ”omong kosong” sebab Menteri Sumber Daya Energi dan Mineral (SDEM) Purnomo Yusgiantoro sendiri sudah mencoba mengendarai mobil berbahan bakar batu bara ini. Bahkan ia sempat menantang bahwa kalau beredar di pasaran kelak bahan bakar ini tidak kalah bersaing dengan bensin Super TT sekalipun.
Ir. Hartiniati Soedioto, manajer program tersebut juga berseloroh bahwa bahan bakar ini cukup ramah lingkungan. ”Ini disebabkan bahan bakar ini melalui proses hidrogen katalis dengan tekanan tinggi, jumlah senyawa berbahaya bisa ditekan menjadi kurang dari satu persen meskipun memiliki kandungan sulfur dan nitrogen seperti halnya bahan bakar lain,” komentar Hartiniati kepada pers saat peluncuran bahan bakar batubara cair ini di Jakarta awal tahun 2002 silam.

2. Pengolahan air menjadi bahan bakar (blue energy)

Belakangan ini ramai pula pembicaraan mengenai pengolahan air menjadi bahan bakar. Namun dalam pengembangannya ada isu yang mengatakan bahwa peristiwa ini adalah hoax. Penemuan ini menurut penulis sulit untuk direalisasikan dan tidak memiliki nilai ekonomis karena untuk membuat bahan bakarnya sendirimembutuhkan energi yang jauh lebih besar. Ujung-ujungnya didapat biaya pengolahan yang lebih mahal daripada menggunakan energi fosil lainnya

3. Biodesel kelapa sawit

Bahan bakar alternatif lain yang tidak kalah disebut punya prospek cerah adalah minyak kelapa sawit alias Crude Palm Oil (CPO). Dr. Rahmat Mulyadi, Kepala Bidang Teknologi Informasi Energi, Material dan Lingkungan BPPT, juga mengklaim bahwa biodiesel ini cukup bersahabat dengan lingkungan.
Biodiesel kelapa sawit di negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Australia sudah banyak diaplikasikan. Sedangkan pemakaian secara besar-besaran justru terjadi di negara Amerika Latin dan Afrika, di mana produksi kelapa sawit cukup tinggi. Bahkan di Jerman pemakaian biodiesel sudah diterapkan langsung, baik untuk kendaraan maupun mesin industri. Tapi sayangnya lagi-lagi bahan bakar alternatif ini sampai sekarang tidak terdengar kabarnya.

4. Hibrida dengan PV atau fuel cell

Intinya mah yang membuat mobil ini berbeda dengan mobil lainnya karena teknologi ini mempunyai sistem kerja elektrik dan rangkaian kontrol yang rumit yang bertujuan untuk lebih mengefektifkan penggunaan bahan bakar dengan mengatur laju penggunaan BBM. Bahan bakar hibrida antara PV atau fuel cell dikombinasikan dengan gasolin atau bensin dengan listrik. Di banyak negara maju kendaraan berbahan bakar hibrida bukan hal baru. Sejumlah produsen kendaraan bermotor sudah merilisnya sejak lama. Sebut saja Ford, General Motors, Toyota, Chrysler dan Honda. Yang terakhir ini, Honda, telah memproduksi mobil hibrida sejak November 2005, namun baru sekarang diperkenalkan di Indonesia.

Silahkan baca selengkapnya disini : http://indone5ia.wordpress.com/2012/08/13/bahan-bakar-alternatif-pengganti-bbm/

reference :

http://www.sinarharapan.co.id

http://beritaenergi.wordpress.com

http://www.ristek.go.id

http://www.bppt.go.id

About konversi

This blog is a blog made by the students of the Laboratory Of Electric Energy Conversion, ITB. This blog shall be the place for us to write our researches and projects. Feel free to read any of the contents of this.
This entry was posted in Green Energy. Bookmark the permalink.

One Response to Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM

  1. reneo says:

    saya juga meneliti tentang steam reforming,tapi masih binggung tentang produksinya, ada masukan gak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s